Pemahaman Singkat Tentang MP3

Posting kali ini saya berusaha berbagi sedikit pemahaman saya tentang format file audio mp3. Saya pikir semua uda pada tau format file ini atau bahkan tiada hari tanpa mendengarkan lagu menggunakan mp3 player di PC atau mp3 layer portable....:D.

Okeee...kita mulai dari apa itu mp3?

MPEG-1 Audio Layer 3, atau lebih sering disebut sebagai mp3, yang merupakan sebuah format digital audio encoding yang mengunakan metode kompresi data lossy. Mp3 merupakan format audio yang paling sering digunakan untuk penyimpanan data audio, dan juga untuk tranfer data audio melalui jaringan internet. Format mp3 sendiri adalah format audio khusus yang dirancang oleh Moving Picture Expert Goup yang merupakan bagian dari standar audio MPEG-1. Grup ini dibentuk oleh beberapa tim insinyur Fraunhofer IIS, Erlangen, Jerman, AT & T-Bell Labs, Murray Hill, NJ, USA, Thomson-Brandt, dan CCETT.

Nextt... Kapan Munculnya Mp3? 

Pada Juli 1994, Fraunhofer Society merilis perangkat lunak pertama mp3 encoder yang dinamakan l3enc. Ektensi file mp3 sendiri dipilih oleh tim Fraunhofer pada 14 Juli 1995 (sebelumnya, file itu diberi nama. Bit) . Dengan dirilisnya perangkat lunak pemutar mp3 real-time pertama Winplay3 (diluncurkan September 9, 1995) banyak orang yang dapat memutar file mp3 pada PC mereka. Karena ukuran Harddisk pada waktu itu relatif kecil(kurang lebih 500MB) lossy kompresi menjadi sangat penting dalam penyimpanan data audio berbasis non-instrumen (MIDI).


mmmm... Mulai kapan Mp3 berkiprah di internet?

Mulai dari pertengahan 1994 sampai akhir 1990-an, file mp3 mulai menyebar di Internet. Popularitas mp3 mulai meningkat pesat dengan munculnya Winamp Nullsoft's audio player (dirilis tahun 1997), dan Unix audio player mpg123. Pada tahun 1998, Rio PMP300, salah satu mp3 player portabel pertama. Pada November 1997, website mp3.com menawarkan ribuan mp3 yang diciptakan oleh seniman independen secara gratis.
Hingga saat ini begitu banyak situs-situs yang menyediakan layanan untuk men-download musik dalam bentuk file mp3, baik itu gratis maupun berbayar. Ukuran yang kecil memungkinkan file mp3 mudah untuk di download dan di share di internet. Kemudahan dalam membuat dan mendistribusikan inilah yang menjadikan mp3 menjadi format file yang paling banyak digunakan untuk menyimpan dan memutar audio seperti musik.


Anddd.. klo pengen download mp3 indonesia dimana yak?

Di indonesia sendiri begitu banyak website yang menyediakan layanan untuk download mp3 , beberapa situs bahkan menyediakan tutorial melakukan pencarian mp3 di search engine seperti google, salah satu yang saya temukan situs www.downloadlaguindonesia.net meyediakan kedua hal tersebut (silahkan dicoba sendiri).



Thx...!! :D

3 komentar:

wandhe mengatakan...

wah keren dech ka, hehehhe
lamk enal yh,,
oia ka, kalo bisa kotak komentarnya dibawah postingan aja biar ngga lupa isi artikelnya, hehehehhe
maaf

oia follow balik yh sekalian koment

iqbal mengatakan...

makasih sarannya wandhe salam kenal juga,
tadinya pindah page karna templatenya nge-bug...
ga bisa muncul dibwah,,,:D
Sekarang uda pake poppup..

Rizky2009 mengatakan...

mantab gan, pengetahuan baru, maklum bukan pengamat musik