Apa Itu Web Conferencing?

Pengertian
Web conferencing pada dasarnya bentuk kolaborasi konferensi yang berlangsung melalui World Wide Web di antara dua atau lebih pengguna di lokasi yang berbeda (Lucy P. Roberts 2004).
Web conferencing digunakan untuk melakukan pertemuan langsung atau presentasi melalui Internet. Pada web konferensi, setiap pengguna dan terhubung dengan pengguna lainnya melalui internet (Lucy P. Roberts 2004).


Kemunculan web conferencing telah menjadikannya sebagai bisnis baru di dalam era baru produktivitas komuniskasi. Web conferencing telah menghasilkan tool audi-visual yang jauh lebis virtues dibandingkan dengan video conference. Walaupun kedua jenis aplikasi ini dapat dikatakan sama, namun pada kenyataanya kedua aplikasi ini merupakan dua jenis aplikasi yang sangat berbeda (James Martell 2008).
Dengan fitur yang lebih banyak, dan ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan video conferencing, web conferencing memiliki benefit rata-rata yang lebih besar, namun tidak untuk rata-rata pengguna. Pertukaran dokumen, berbagi dekstop, chatting melalui webcam dan microphone, presentasi online, papan tulis elektronik sdan berbagi data merupakan fitur-fitur terbaik yang dimiliki web conferencing (James Martell 2008).

Fitur-Fitur Web Conferencing.

Berikut ini fitur-fitur yang harus dimiliki pada aplikasi web conferencing (Frost and Sullivan 2006)
  • Slide presentasi, seorang pengguna dapat menyajikan presentasi secara online dan disaksikan oleh pengguna lain secara real-time.
  • Live atau video streaming dan audio streaming, digunakan untuk mendukung fitur komunikasi visual pada web conferencing.
  • Perekaman Rapat - dimana kegiatan presentasi akan direkam pada komputer klien, atau server .
  • Whiteboard electronic, memungkinkan presenter dan / atau hadirin untuk menandai pada slide presentasi atau membuat catatan pada papan tulis.
  • Teks Chat, text chat digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi dengan pengguna lain yang terhubung dengan conferencing.
Referensi

Dannenfeldt, Diane. How to Host a Web Conference, 2007. HowStuffWorks.com,, diakses (09 Maret 2009).

Frost and Sullivan. "The main features within the web event services”. World Web Event Services Markets – N100-64.2006 .

Martell, James. The History of Web Conferencing – How the Web Conference Was Born. www.TheHistoryOfNet.com. 2008. www.thehistoryof.net. Diakses (1 juni 2009).

Roberts, Lucy P. History of web conferencing -- multi-function conferencing comes of age.2004.www.web-conferencing-zone.com Diakses (20 mei 2009 ).

1 komentar:

Bangasbersorak mengatakan...

bisa ngak sob diaplikasikan di blog...kan asik,,jadinya